Cara Mengukur Badan Sendiri

Ukuran yang tidak pas adalah permasalahan yang sering ditemui saat kita membeli pakaian. Misalnya kemeja favorit ukuran M di merek A sangat pas di badan Anda. Tapi ketika membeli kemeja ukuran M di merek B, ternyata lengannya terlalu pendek. Masalah seperti ini tentu mengurangi kepuasan Anda sebagai pembeli.

ROU menawarkan solusi untuk masalah ini bagi Anda, yaitu fitur Custom Size di yourou.id. Anda dapat memasukkan sendiri ukuran badan sehingga pakaian yang dipesan sesuai dengan ukuran yang Anda minta. Semua ukuran tersebut bisa disimpan di akun Anda untuk memudahkan pemesanan berikutnya.

Di bawah ini, kami berikan panduan mengukur badan untuk Anda yang ingin melakukan sendiri di rumah. Kami susun berdasarkan urutan pengukuran yang biasa dilakukan di tailor.

1. Leher
Lingkarkan pita ke leher Anda dan atur seberapa longgar Anda menginginkannya.

2. Dada
Ukur lingkar dada Anda pada bagian terluarnya. Untuk laki-laki biasanya setara dengan puting. Untuk perempuan bisa menggunakan area terluar dari dada.

3. Pinggang
Untuk mengukur lingkar pinggang, tempatkan pita pengukur di bagian tersempit dari sisi badan Anda. Biasanya di atas tulang pinggul.

4. Pinggul
Mengukur pinggul biasanya menggunakan patokan tulang panggul serta bagian terluar dari bokong Anda.

5. Badan
Ukur panjang badan dengan patokan bagian punggung Anda. Patokan bagian atas adalah tulang tengkuk Anda. Sedangkan bagian bawah adalah seberapa panjang pakaian yang Anda inginkan. Bisa menggunakan patokan ujung pakaian yang Anda jadikan referensi. Untuk pakaian yang lebih panjang, misalnya dress, gunakan patokan awal sekitar 2 cm di bawah garis pinggang Anda. Nanti akan disambung dengan ukuran panjang rok yang Anda inginkan.


6. Bahu
Mengukur bahu cukup sebelah saja. Patokan atasnya dari lekukan ke leher. Patokan bawahnya sekitar 1 cm di bawah bahu. Pada gambar contoh di bawah ini, patokan yang kami gunakan adalah sambungan lengan baju yang dijadikan referensi.

7. Lengan
Untuk mengukur lengan, baik panjang atau pun pendek, lakukan dengan patokan melanjutkan ukuran bahu. Untuk lengan panjang, gunakan tulang pergelangan tangan sebagai patokan. Agar tidak mengatung, Anda mungkin ingin melebihkan sekitar 1 – 1.5 cm.

8. Pesak
Pesak kadang disebut pelana. Yang diukur adalah lingkar dari kancing (bagian depan celana), lalu ke bawah selangkangan, kemudian naik hingga ke pinggang celana bagian belakang.

9. Panjang bawahan
Untuk mengukur panjang bawahan, lakukan pada kaki bagian luar (out seam). Patokan atas, gunakan tulang pinggul atau bagian atas celana / rok Anda. Ada dua patokan bawah, pertama adalah samping lutut atau sepanjang tulang paha. Kedua adalah mata kaki untuk celana panjang.

10. Paha
Yang dimaksud dengan mengukur paha adalah lingkar paha. Gunakan garis sejajar selangkangan celana sebagai patokan. Biasanya bagian paha ini adalah yang terluas lingkarnya.


Demikian panduan singkat mengukur badan sehingga Anda dapat menggunakan fitur Custom Size kami dengan maksimal. Pesan batik Anda di ROU hari ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *