Berkenalan dengan Motif Batik TerbaruAsal Pelalawan

Kelompok perajin batik binaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) berhasil melahirkan motif batik terbarunya. Komunitas yang bernama Rumah Batik Andalan ini bahkan telah melahirkan 5 motif sekaligus dan telah dipatenkan sebagai motif asli Pelalawan, Riau.

Motif ciptaan Rumah Batik Andalan yang paling utama adalah motif Bono. Bono sendiri merupakan sebutan untuk gelombang air di sungai Kampar, Riau.

Baca juga:
Sastra Lisan Wayang Cecak, Kesenian Asli Pulau Penyengat yang Hampir Punah
Batik Gonggong Tak Punya Cabang!

Mereka juga menciptakan motif Eukaliptus dan Akasia. Kedua pohon itu memang bukan pohon asli Riau, namun kayu Eukaliptus dan Akasia merupakan material utama untuk membuat kertas.

Selain itu ada juga motif timun suri dan lakum. Kedua sayuran ini merupakan sayuran yang menjadi makanan asli masyarakat Melayu.

Rudi Fajar, Direktur Utama RAPP menjelaskan, program pemberdayaan masyarakat ini merupakan usaha untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat lokal. Selain itu, dengan program ini ia berharap bisa mengangkat potensi daerah Pelalawan.

“Kita berharap batik Bono ini tidak hanya terkenal di Pelalawan tapi juga di Indonesia,” ujarnya seperti ditulis di laman Tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *