Batik Banyuwangi Siap Go International

Gencarnya promosi batik Banyuwangi membuat batik dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini mendapat kehormatan untuk tampil di Los Angeles Fashion Week (LAFW) di Amerika Serikat. Salah satu pagelaran busana terbesar di dunia ini akan digelar tanggal 4-8 Oktober 2017 mendatang.

Kabar diundangnya batik Banyuwangi ke Los Angeles ini diterima oleh Ketut Kencana, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banyuwangi dari Presiden Indonesia Fashion Chambers (IFC), Ali Charisma.

Baca juga:
Gajah Oling, Batik Khas Banyuwangi yang Bertuah dan Mistis
Batik Jawa Timur Itu Masih Ada, Bung!

“Presiden IFC meminta izin untuk membawa batik ini (Banyuwangi) ke acara itu, ujarnya beberapa waktu lalu.

Menurut rencana, pada ajang bertaraf internasional itu batik dari ujung timur Pulau Jawa iniakan dikenakan oleh model-model bertaraf Indonesia.

Popularitas batik ini kian hari kian menanjak lantaran konsistensi pemerintah Banyuwangi untuk memperkenalkan karyanya itu ke masyarakat luas, mulai dari pameran bertaraf lokal seperti Banywangi Festival (B-Fest) hingga di ajang Indonesian Fashion Week.

Giatnya promosi batik ini otomatis juga meningkatkan jumlah perajin batik di Banyuwangi. Selain itu, menurut data pemerintah, motif batik yang lahir dari Banyuwangi pun bertambah dari 20 motif menjadi 40 motif.

Pelaku Industri Kecil dan Menengah batik Banyuwangi juga meningkat pesat. Lima tahun lalu hanya ada 12 perajin batik di Banyuwangi. Tahun ini tercatat lebih dari 50 perajin yang aktif melahirkan karya-karya baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *