Guru Ini Menjadikan Gutha Tamarin Jadi Pewarna Batik

Batik selama ini identik dengan malam atau lilin sebagai bahan pewarna. Mungkinkah bahan pewarna malam diganti dengan bahan lain?

Salah satu guru SMPN 3 Cimahi bernama Niken Apriani membuat gebrakan yang tak biasa dalam teknik pewarnaan batik. Niken mencoba menjadikan Gutha Tamarin, atau serbuk biji asam, untuk dijadikan bahan pewarna batik. Menurutnya, Gutha Tamarin lebih mudah dan lebih murah didapat ketimbang malam atau lilin.

Baca juga:
Dilema Penggunaan Pewarna Alami di Industri Batik
Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Pewarna Alami

Niken yang mengajar mata pelajaran seni rupa ini juga mengajarkan siswanya untuk menggunakan Gutha Tamarin saat praktek membatik.

“Gutha sendiri sebenarnya adalah istilah di seni rupa. Kalau saya lebih memilih menggunakan kata burtam, alias bubur tamarin,” ungkapnya beberapa waktu lalu dalam sebuah pagelaran di Galeri Nasional Indonesia.

Malam atau lilin sendiri dalam proses membatik sebenarnya berguna sebagai pembatas atau perintang motif agar saat menjalani proses pewarnaan, warna tidak melewati garis motif dan tercampur dengan warna lain.

Bubuk tamarin sendiri berfungsi sebagai pengental warna sebelum sebuah batik diwarnai. Dari fungsi aslinya ini Niken berpikir kenapa tamarin tidak sekalian dijadikan bahan pewarna.

Bagaimana membuat bubuk tamarin menjadi pewarna? Niken mengaku, itu bukanlah hal yang sulit dan bisa dipelajari siapapun.

Bubuk tamarin yang bisa dibeli di toko peralatan membatik itu dicampur dengan mentega dan air panas. Selanjutnya, aduk semua bahan sampai kalis dan tidak terlalu kental. Masukkan adonan itu ke dalam plastik dan ikat. Gunting ujung plastik dan tamarin pun siap digunakan. Plastik ini memiliki fungsi yang sama dengan canting.

Sebagai campuran warna gutha tamarin bisa digunakan kunyit untuk warna kekuningan atau daun suji untuk warna kehijauan. Selain itu bisa juga menggunakan pewarna wantex yang biasa digunakan untuk mewarnai kaus.

One Comment Add yours

  1. Rina says:

    sebelumnya mohon maaf pada judul artikel ini tertulis* Gutha Tamarin Jadi Pewarna Batik* apa betul demikian ..
    yang saya tahu gutha tamarin adalah sebagai perintang dalam membatik .. sedang pewarnaanya boleh menggunakan pewarna reaktif atau direct demikian terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *