Batik Menjadi Sarana Orientasi di SMA Ini

Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) atau yang dulu dikenal dengan Masa Orientasis Siswa (MOS) di SMAN 3 Semarang diisi dengan pengenalan seni. Sebanyak 432 siswa baru dikumpulkan di lapangan dan serentak membatik dengan canting masing-masing.

Mereka sudah bersiap di lapangan sejak pagi sesuai kelompok masing-masing serta didampingi oleh kakak kelas dan juga guru. Setiap kelompok duduk mengelilingi kompor serta wajan berisi lilin, kemudian mereka mengambil lilin dengan canting dan mulai menggambar di kain putih.

Wakil Kepala SMAN 3 bidang kesiswaan, Maskur, mengatakan kegiatan PLS setiap tahun berbeda namun tetap mengambil kegiatan positif untuk menghindari perpeloncoan apalagi bullying.

“Dulu itu kan bawa name tag besar-besar dikalungkan, sekarang sudah tidak zamannya. Cuma ada id card dipasang di dada saja,” kata Maskur seperti ditulis dlaam laman Detik.com.

Batik dipilih karena saat ini busana batik sedang diangkat. Selain itu juga mengenalkan seni dan karifan lokal. Siswa baru pun bisa saling mengenal dengan kerjasama membatik dalam kelompok.

“Sekarang sedang diangkat untuk menunjang kearifan lokal. Anak-ank supaya lebih dekat lagi dengan batik. Jadi tidak sekedar memakai, tapi juga mencintai budayanya,” tandas Maskur.

Kegiatan itu ternyata disambut baik para siswa baru karena kegiatannya membuat cepat mengenal satu sama lain. Salah satu siswa, Calista Nanda Arda (15) dari Boja, Kendal, mengaku senang karena kegiatan yang dilakukan berhubungan dengans seni.

“Senang, jadi tahu seni dan kita kompak karena mengerjakannya bersama-sama,” kata Calista.

“Seperti ini tetap berkesan. Kita tidak disuruh bawa apa-apa, semua disiapkan,” kata Alam, siswa yang lain.

Kegiatan PLS di SMAN 3 Semarang tidak hanya membatik karena sudah digelar sejak hari Senin (17/7) kemarin sampai besok Rabu (18/7). Berbagai kegiatan dilakukan termasuk bekerjasama dengan kepolisian untuk penyuluhan safety riding.

 

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *