Bagaimana Cara Mencuci Batik yang Baik? Baca Ini!

Penuh dengan warna dan motifnya yang khas, membuat batik tidak bisa dicuci sembarangan. Bagaimana mencuci batik dengan baik? Ikuti langkah sederhana ini

Jangan Gunakan Deterjen
Hindari menggunakan deterjen saat mencuci baju batik.

Bahan kimia yang terkandung dalam deterjen bisa mengakibatkan terkikisnya warna batik hingga luntur. Lebih baik menggunakan sabun mandi, shampoo atau deterjen cair khusus batik. Campur ke dalam air dan rendam baju batik selama 20-30 menit, kucek perlahan sebelum dibilas.

Gunakan Air Hangat untuk Menghilangkan Noda

Berbeda dengan baju-baju lainnya yang dianjurkan untuk menggunakan air dingin. Noda di baju batik justru menghilang dengan menggunakan air hangat.

Caranya, cukup rendam dalam air hangat sebelum baju batik dicuci. Noda yang menempel di baju batik akan mudah terangkat dengan air hangat.

Pisahkan dengan Baju Lainnya

Jangan mencampur baju batik dengan baju-baju yang bukan batik. Hal ini dilakukan untuk menghindari lunturnya baju batik ke baju-baju tersebut ataupun sebaliknya. Tujuan lainnya supaya warna baju batik tetap terjaga, tidak kusam dan tercampur dengan warna lainnya.

Hindari Matahari Langsung Saat Menjemur

Setelah dicuci, jangan memeras baju batik terlalu kuat, cukup kibaskan dan gantung sebentar. Jemur di tempat teduh dan cukup angin. Hindari paparan sinar matahari langsung supaya tekstur dan warna batik tak berubah.

Lapisi dengan Kain Tipis Saat Menyetrika

Baju batik tidak seperti baju lainnya yang bisa dengan mudah disetrika. Karena sensitif terhadap panas, sebaiknya baju batik disetrika dengan cara dilapisi terlebih dahulu dengan kain lainnya misalnya katun. Bisa juga menggunakan setrika uap. Dengan begitu, baju batik kita jadi lebih terawat.

 

Sumber: Gadis.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *