Ini Cara Agar Tidak Salah Pilih Batik

Tampil trendi dengan batik, tentu sudah jadi bagian dari gaya hidup sehari-hari, khususnya bagi mereka yang sudah terbiasa setiap Jumat mengenakan batik.

Namun, dengan beragamnya corak dan warna, memilih batik yang yang cocok pun menjadi keharusan agar tidak disebut salah kostum. Salah satu pertimbangannya adalah memadukan warna yang tepat antara dominan batik  dengan warna kulit.

Seperti dilansir oleh id.wikihow.com, warna kulit dapat dibedakan ke dalam dua karakter warna yaitu hangat dan dingin. Warna kulit hangat ditandai dengan warna kekuningan, sementara warna kulit dingin ditandai dengan semburat warna merah muda.

Kedua warna batik yang cocok dengan karakter hangat diantaranya adalah kuning, emas, putih gading, orange, peach, merah bata, dan hijau lumut. Sedangkan yang cocok untuk unsur  dingin adalah warna merah muda, putih susu, baby blue, rose beige, putih porselen, abu-abu, toska, dan hijau zamrud.

Pada umumnya, kita lebih mengenal karakter warna kulit dengan sebutan kulit putih, kuning langsat, sawo matang, dan gelap. Untuk pemilik kulit putih warna batik yang dapat digunakan cukup banyak, namun lebih di sarankan untuk mengenakan warna batik yang lembut seperti warna-warna pastel, coklat muda, biru muda hingga pink muda.

Karakter warna pastel pada kulit putih akan menampilkan kesan yang elegan bagi penggunannya.

Bagi yang memiliki Kulit kuning langsat akan lebih cocok jika memilih warna-warna tropis seperti jingga, hijau, merah, kuning dan biru. Warna warna tersebut akan lebih terlihat menguat pada karakter warna kulit ini.

Sedangkan untuk pemilik warna kulit sawo matang dapat mencoba motif batik yang simpel atau tidak terlalu ramai dengan warna ungu, tosca,  marun, beige, atau navy. Hindari warna merah terang  dan cokelat gelap karena warna tersebut akan tenggelam dengan karakter warna kulit.

Untuk warna kulit gelap atau biasa disebut eksotik disarankan memilih warna yang lembut atau tidak terlalu kontras dengan warna kulit seperti abu-abu, coklat muda, krem, atau kuning. Disarankan untuk tidak memilih warna yang gelap karena akan membuat penampilan tampak kusam.

Selamat mencoba ya dan mari lestarikan batik nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *