Kebanyakan Orang Salah Merawat Batiknya, Bagaimana yang Benar?

Bukan sembarang kain biasa, batik merupakan hasil karya tangan yang mengandung nilai tinggi. Jika sampai Anda salah dalam perawatannya, bisa jadi kualitas batik menurun, kain batik sobek, atau bahkan motif baik memudar secara signifikan.

Ingin tahu tips merawat baik secara benar? Yuk ikuti tips merawat batik ala Batik Platform :

Sabun Pencuci Batik

Gunakan hanya sabun pencuci khusus kain batik yang kini sudah sangat banyak beredar di pasaran. Jika Anda tidak ingin khusus membeli pencuci batik, Anda juga bisa menggunakan shampoo anak- anak yang lembut sebagai penggantinya.

Jangan Pakai Detergen

Hindari deterjen karena sifatnya yang terlalu keras untuk kain batik. Batik yang tidak terlalu kotor juga bisa dibersihkan dengan cara direndam di air hangat dan diremas- remas dengan perlahan. Ingat, jangan gunakan mesin cuci untuk membersihkan kain batik kesayangan Anda.

Tak Perlu Diperas Kuat-Kuat

Saat ingin menjemur batik yang telah selesai dicuci, Anda tak perlu memeras kain batik yang basah dengan kuat. Lebih baik, biarkan kain batik mengering secara sempurna dengan cara diangin-anginkan sebelum dijemur di tempat yang agak teduh. Ingat, hindari sengatan matahari secara langsung.

Setrika dengan Benar

Cara menyetrika batik juga harus diperhatikan. Lapisi batik dengan secarik kain biasa, lalu gosok secara perlahan. Jika Anda ingin menggunakan pewangi atau pelicin, tetap gunakan selapis kain tersebut untuk melindungi kain batik Anda.

Bungkus Plastik

Simpan kain batik yang selesai disetrika dengan membungkus terlebih dahulu di dalam plastik. Penyimpanan harus dilakukan di lemari yang bebas dari kapur barus karena zat kimiawi yang keras ini bisa merusak batik.

Akar Wangi

Untuk menghindari datangnya ngengat pakaian, Anda cukup memberikan sedikit akar wangi atau merica yang dibungkus dengan tisu. Pengusir ngegat alami ini tidak akan mengurangi kualitas batik Anda sama sekali.

Hindari Parfum

Saat ingin mengenakan batik, hindari penyemprotan parfum secara langsung, kecuali jika parfum Anda dibuat tanpa alkohol. Alkohol akan bereaksi keras terhadap kain batik, terutama kain baik sutra dengan pewarna alami.

Nah, mudah bukan cara dan tips merawat batik secara benar? Batik yang dirawat dengan baik akan bisa bertahan dengan lama dan malah semakin berharga seiring bergesernya waktu. Ingat, selalu gunakan tips merawat batik secara benar untuk hasil yang paling memuaskan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *