Belajar Membatik di Museum Batik Pekalongan

Selain melihat dan mempelajari kain batik Indonesia, Museum Batik Pekalongan mempunyai Ruang Workshop dimana pengunjung juga dapat belajar membatik. Setiap pengunjung dapat mencoba belajar membatik sesuai kreasi desain masing-masing, dan hasilnya pun dapat dibawa pulang sebagai souvenir.

Selain itu Museum juga menawarkan berbagai pelatihan batik lengkap meliputi beberapa proses yaitu teknik cap, teknik tulis, warna colet (kuas), mopok (blocking), warna celup, hingga nglorod (melepas lilin/malam).

Bila ingin hanya sekedar rekreasi, Museum Batik Pekalongan mempunyai area yang indah dan nyaman. Museum menempati Bangunan Belanda yang sudah berdiri sejak 1906. Arsitektur bangunan Museum ini bergaya Eropa, masih asli dan tampak megah dan indah serta mempunyai nilai sejarah tinggi.

Keindahan itu berpadu dengan cantik dan asrinya taman museum. Museum sedang mengembangkan Kedai kopi dimana pengunjung dapat menikmati suasana kenangan dan indahnya taman. Kedai kopi tersebut bersebelahan dengan Toko Souvenir yang menawarkan berbagai kain, pakaian, dan aksesoris tentang batik. Salah satu item yang paling laris adalah Batik kit, yang adalah paket alat membatik seperti kompor, canting tulis, malam, kain, hingga pewarna.

Selain itu, Museum juga merupakan institusi pelestari batik yang menyimpan banyak kain kuno bernilai sejarah tinggi. Kain-kain tersebut disimpan di Ruang Storage dengan perawatan dan penanganan khusus. Museum juga dilengkapi dengan Ruang Perpustakan, dimana banyak buku-buku mengenai batik dan budaya umum.

Buku-buku tersebut sangat menunjang pencarian informasi mengenai kain koleksi. Banyak mahasiswa ataupun peniliti yang datang ke Museum untuk melakukan riset ataupun tugas akhir mengenai Batik. Ada pula Ruang Audio Visual, yang menampilkan konten video mengenai budaya batik. Saat ini Museum sedang melakukan pembenahan pusat data dan database koleksi, yang nanti dapat diakses guna pencarian data mengenai batik.

 

Museum Batik Pekalongan saat ini menjadi pusat belajar batik. Kota Pekalongan mewajibkan Murid dan Guru SD dan SMP untuk belajar dan berlatih membatik di Museum Batik. Batik menjadi mata pelajaran wajib di sekolah SD-SMA di Kota Pekalongan.

Tidak hanya didalam Museum, Museum Batik juga memberikan pelayanan dengan dating ke sekolah-sekolah di luar Kota Pekalongan, serta ke berbagai institusi lain untuk memberi edukasi dan melatih batik kepada masyarakat.

Jika ingin berkunjung, Museum Batik Pekalongan bertempat di Kawasan Budaya Jatayu di pusat Kota Pekalongan. Museum buka setiap hari (termasuk hari Sabtu – Minggu) dari jam 08.00 AM – 03.00 PM. Tiket dewasa Rp. 5.000,- dan pelajar / anak Rp. 1.000,-.

 

One thought on “Belajar Membatik di Museum Batik Pekalongan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *