Ternyata, Orang Jawa Menganggap Batik Sebagai Pegangan Hidup

Selain menjadi bahan dekorasi, batik juga bisa dikombinasikan untuk beragam hal lain.

Batik sebagai Bahan Perlengkapan Hidup
Setelah berkembang menjadi bahan sandang nasional dan sebagai hiasan, kini batik mulai digunakan untuk membuat perlengkapan dan aksesoris seperti tas, kantong ponsel, sandal, dan kipas. Perkembangan produk ini memperkuat daya kreativitas sehingga kegunaan batik pun semakin luas. Dengan begitu batik menjadi sangat akrab dalam kehidupan kita.

Batik sebagai Busana

Penggunaan batik sebagai busana tradisional semakin berkurang, terutama di kalangan generasi muda. Makna simbolik yang ada pada ragam hias batik tradisional juga makin kurang dikenal. Akan tetapi, dengan berbagai kreasi dan inovasi, kini batik telah menjadi pakaian umum.

Motif dan desainnya pun semakin berkembang pesat sehingga generasi muda merasa nyaman dan senang menggunakan busana batik. Hingga saat ini, banyak orang menggunakan batik sebagai baju yang digunakan untuk pergi ke pesta perkawinan, kantor untuk kerja atau meeting dengan client dan untuk kegiatan belajar mengajar baik dari masa sekolah atau SMA hingga perkuliahan.

Tidak hanya itu, banyak desainer muda yang memulai kiprah desain bajunya dengan mengambil batik sebagai inspirasi pembuatan desain baju. Kreatifitas para desainer muda ini banyak melahirkan beragam desain baju batik yang sangat elegan dan memenuhi tuntutan gaya hidup modern.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *