Ternyata Ini Makna Dari Motif-Motif Batik (Bagian 1)

Batik, keindahannya sangat mempesona hingga dunia pun mengaguminya. Jika kita bicara tentang batik, maka ada salah satu hal yang menjadi daya tarik tersendiri, yakni motif yang menjadi ciri khas sebuah batik. Setiap motif batik memiliki arti atau makna yang berbeda-beda, inilah uniknya batik. Lalu apa saja motif batik yang ada dan makna apa yang terkandung dalam motif tersebut? Untuk mengetahui makna dari motif-motif batik, berikut ulasannya.

Motif Batik Cuwiri

Motif batik yang pertama adalah batik Cuwiri. Motif Cuwiri merupakan motif batik yang menggunakan zat pewarna soga alam, yang umumnya digunakan untuk semekan dan kemben. Motif batik yang menggunakan unsur meru dan gurda ini sering digunakan ketika upacara mitoni. Motif batik Cuwiri sendiri memiliki arti kecil-kecil dan diharapkan untuk pemakainya pantas dan dihormati.

Motif Batik Kraton

Berikutnya adalah batik motif Kraton. Batik motif ini dianggap sebagai sebagai cikal bakal dari semua jenis batik yang ada dan berkembang di Indonesia. Motif batik yang dibuat oleh para putri kraton dan juga pembatik-pembatik ahli yang hidup di lingkungan Kraton ini memiliki makna filosofi hidup.

Motif Batik Kawung

Batik ini dikatakan bermotif Kawung sebab didapatinya pola bulatan mirip buah Kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling) di dalamnya. Motif ini dipercaya sebagai motif batik tertua di dunia. Banyak juga yang mengartikan batik motif Kawung sebagai perwakilan gambar bunga lotus (teratai) yang melambangkan umur panjang dan kesucian. Umumnya motif-motif Kawung ini diberi nama berdasarkan ukuran besar-kecilnya dan bentuk bulat dan lonjongnya.

Tak cuma ini, filosofi batik lainnya sangat luas. Apa saja motif-motif lain dan apa maknanya?

 

2 Comments Add yours

  1. Sri maryati says:

    Keren banget, setiap motif memiliki maknanya sendiri. Makasih infonya

  2. Nice artikel, pembahasan yang cukup penting untuk dibahas.
    Bisakah lbh dilengkapi dgn bbrpa gambar motif batiknya agar lbh paham? Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *